Diet pada pasien leukemia

Pada AML jenis ini terdapat gambaran azurophilic granules dan Auer rods. Sel leukemi juga merusak produksi sel darah lain pada sumsum tulang termasuk sel darah merah dimana sel tersebut berfungsi untuk menyuplai oksigen pada jaringan.

Terdapat tiga fase pelaksanaan keoterapi: Depresi sumsum tulang yang akan berdampak pada penurunan lekosit, eritrosit, faktor pembekuan dan peningkatan tekanan jaringan. Tujuan Diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan menerapkan asuhan keperawatan dengan leukimia.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Acute lymphocytic leukemia (ALL)

Depresi sumsum tulang yang akan berdampak pada penurunan lekosit, eritrosit, faktor pembekuan dan peningkatan tekanan jaringan. Jenis leukemia yang ditimbulkan adalah Acute T- Cell Leukemia.

Diet bagi Penderita Leukemia

Betz, Cecily L. Kelainan pada kromosom 21 dapat menyebabkan leukemia akut. Semua kelompok usia dapat terkena; insidensi meningkat sesuai bertambahnya usia. Muramidase serum: Terdapat tiga fase pelaksanaan keoterapi: Patofisiologi Pada keadaan normal, sel darah putih berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Berikan cairan IV sesuai indikasiq Awasiq pemeriksaan laboratorium: Nadi perifer kuat terpalpasif. Pengkajian pada leukemia meliputi: Leukemia terjadi jika proses pematangan dari stem sel menjadi sel darah putih mengalami gangguan dan menghasilkan perubahan ke arah keganasan.

Jumlah trombosit menunjukkan kapasitas pembekuan. Selain itu transplantasi sumsum tulang juga berguna untuk mengganti sel-sel darah yang rusak karena kanker. Ada 4 jenis leukimia, yaitu leukemia mielogenus akut, leukemia mielogenus kronis, leukemia ,limfositik kronis, leukemia limfositik akut.

Diet rendah purin mengharuskan penderita leukemia membatasi konsumsi makanan berpurin sedang hingga tinggi, misalnya tahu tempe, sayuran berdaun hijau, makanan laut, kacang — kacangan, dan juga jeroan.

Hal ini menyebabkan pasien menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Peningkatan resiko leukemia ditemui juga pada pasien yang mendapat terapi radiasi misal:Leukemia biasanya menyerang lebih sering pada anak laki-laki dari pada anak perempuan setelah usianya lebih dari 1 tahun.

Sebelum tahunanak dengan leukemia hidupnya hanya 2 – 3 bulan. Namun, sekarang ini angka harapan hidup pada anak dengan leukemia hamper 80%.Author: Luphlypinky.

Bagi pasien dengan leukemia limfositik kronis, jenis terapi biologi yang digunakan adalah antibodi monoklonal yang akan mengikatkan diri pada sel-sel leukemia. Terapi ini memungkinkan sistem kekebalan untuk membunuh sel-sel leukemia di dalam darah dan sumsum tulang.

Bagi penderita dengan leukemia myeloid kronis, terapi biologi yang digunakan adalah bahan alami bernama Author: Vie_Vien Nano-Nano. · Kelainan pada kromosom 21 dapat menyebabkan leukemia akut. Insiden leukemia akut juga meningkat pada penderita dengan kelainan kongenital misalnya agranulositosis kongenital, sindrom Ellis Van Creveld, penyakit seliak, sindrom Bloom, anemia Fanconi, sindrom Wiskott Aldrich, sindrom Kleinefelter dan sindrom trisomi D.

Peningkatan resiko leukemia ditemui juga pada pasien yang mendapat terapi radiasi, misalnya: pembesaran thymic, para pekerja yang terekspos radiasi dan para radiologis. Leukemia adalah suatu keganasan pada alat pembuat sel darah berupa proliferasio patologis sel hemopoetik muda yang ditandai oleh adanya kegagalan sum-sum tulang dalam membentuk sel darah normal dan adanya infiltrasi ke jaringan tubuh yang robadarocker.com: Salni.

· ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN LEUKEMIA A. PENGERTIAN Leukemia adalah neoplasma akut atau kronis dari sel-sel pembentuk darah dalam sumsum tulang dan limfa nadi (Reeves, ).

Diet pada pasien leukemia
Rated 3/5 based on 81 review