Hubungan kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir

Menurut RoseIbu Rumah Tangga IRT yang berarti tidak bekerja, banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga sedikit sekali dalam mendapatkan informasi dan bertukar pengalaman.

All rights reserved. Disamping untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri berbagai zat gizi itu juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya, sebab defisiensi gizi selama kehamilan dapat memberikan efek yang merugikan ibu maupun anaknya.

Yogyakarta; D-medika.

Mengenal menu sehat ibu hamil. Rose, W. Targetnya adalah seluruh negara berusaha menurunkan BBLR setidaknya hingga 12 per 1. Berat badan bayi normal sangat dipengaruhi oleh status gizi ibu yang baik pula, jika status gizi ibu selama hamil terpenuhi maka perkembangan dan pertumbuhan janinnya akan optimal.

Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, penulis mengadakan penelitian tentang hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo, kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo.

Usia ini tergolong usia reproduktif dan paling aman untuk melangsungkan kehamilan dan persalinan sehingga tentunya pemenuhan gizi saat hamil dapat terpenuhi bagi ibu dan janinnya. Hal ini didukung penelitian yang dilakukan oleh agung bahwa ada hubungan yang signifikan antara anemia dalam kehamilan dengan kejadian berat bayi lahir rendah di wilayang kerja desa gerih Kabupaten Ngawi dengan tingkat hubungan kedua variabel signifikan sedang 0, Kenaikan berat badan, ibu hamil, bayi lahir Daftar Bacaan: Penilaian Status Gizi.

Teoritis Memberikan informasi guna menambah wawasan keilmuan dan menambah pengalaman dalam memberikan informasi guna pengembangan ilmu pengetahuan khususnya keperawatan agar dijadikan bahan masukan penelitian yang akan datang.

Hal ini dapat berkaitan dengan paritas, jarak kelahiran, kadar hemoglobin dan pemanfaatan pelayanan antenatal. Kadar hb yang tidak normal dapat mengakibatkan kematian janin dalan kandungan, abortus, cacat bawaan, BBLR, kadar hb tidak normal pada bayi yang dilahirkan, hal ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas ibu dan kematian perinatal secara bermakna lebih tinggi.

BBLR yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan aspirasi mekonium, asfiksia neonatorumgangguan pada sistem pencernaan lambung kecilgangguan sistem perkemihan ginjal belum sempurnagangguan sistem persyarafan respon rangsangan lambat.

Samsudin dan Arjatmo Tjokronegoromengungkapkan bahwa kenaikan berat badan dapat dipakai sebagai indeks untuk menentukan status gizi wanita hamil.

Berdasarkan estimasi dari Survei Demografi dan kesehatan Indonesia. Untuk mengetahui gambaran berat badan bayi baru lahir di Puskesmas Minasa Upa Makassar c.

Prasetyono, Ibu dapat menderita anemia, sehingga suplay darah yang menghantarkan oksigen dan makanan pada janinnya akan terhambat, sehingga janin akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Menurut teori Prasetyono 2, yang mengatakan Status gizi merupakan ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil. Salemba Medika. BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Rumusan Masalah Berdasarkan uraian pada Latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan di teliti yaitu: Tujuan umum Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo.

HUBUNGAN ANTARA KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL ...

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah perlu penanganan yang serius, karena pada kondisi tersebut bayi mudah sekali mengalami hipotermi yang biasanya akan menjadi penyebab kematian. Menurut AstutiStatus Gizi ibu hamil adalah masa dimana seseorang wanita memerlukan berbagai unsur gizi yang jauh lebih banyak dari pada yang diperlukan dalam keadaan tidak hamil, Dengan demikian makanan ibu hamil harus cukup bergizi agar janin yang dikandungnya memperolah makanan bergizi cukup, karena Status gizi ibu hamil sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan, jika status gizi ibu selama masa kehamilan terpenuhi maka bayi akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga berat badan bayi juga akan normal.

Yogyakarta; Rohima Press. Profil Dinas Kesehatan Sulawesi selatan, Dengan getaran ekornya, spermatozoa dapat bergerak cepat. Djamil Padang Yuliva, Status gizi ibu hamil sangat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan, apabila status gizi ibu buruk sebelum dan selama kehamilan akan menyebabkan Bayi Berat Lahir Rendah BBLR Nyoman, dkk Suharto, Agung.

Jika calon ibu memiliki asupan gizi yang cukup dan seimbang, maka akan melairkan anak yang sehat. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir.

Kehamilan adalah masa dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Pertumbuhan janin sampai bayi lahir sehat banyak ditentukan dari pemberian makanan yang diberikan ibu selama masa kehamilan.

Penambahan berat badan yang terjadi selama kehamilan disebabkan oleh peningkatan ukuran berbagai jaringan reproduksi, adanya pertumbuhan janin, dan terbentuknya cadangan lemak dalam tubuh ibu.

Fisiologi Terjadinya Kehamilan Untuk terjadi kehamilan harus ada spermatozoa, ovum, pembuahan ovum konsepsi dan nidasi implantasi hasil konsepsi. Hasil penelitian terdapat hubungan yang bermakna antara berat badan lahir dengan status gizi ibu hamil berdasarkan ukuran lingkar lengan atas di RSIA St Fatimah Juminten, Pada masa itu ibu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut kelahiran bayinya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan rancangan Prospective cohort kohor prospektif.Hubungan Status Gizi Ibu Hamil Dengan Berat Badan Bayi Baru Lahir. Berdasarkan hasil analisis tabel didapatkanP= atau P≤ artinya terdapat hubungan antara status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi baru lahir di puskesmas Tilango Kabupaten Gorontalo.

hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di wilayah kerja puskesmas gatak sukoharjo, kecamatan gatak kabupaten sukoharjo.

Berat lahir bayi, khususnya bayi dengan berat badan lahir rendah, merupakan masalah gizi intergenerasi yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan sepanjang daur kehidupan seorang manusia. Kenaikan berat badan wanita hamil selama kehamilan adalah sekitar ,5 kg agar tidak terjadi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Untuk mencapai itu, maka kepada ibu hamil dianjurkan meningkatkan kalori yang dimakan dengan tambahan kkal/hari atau sekitar satu porsi makanan lebih banyak dari pada sebelum hamil (Soetjiningsih,).

() menunjukkan bahwa ada hubungan antara kadar Hb ibu hamil dengan berat bayi lahir, di mana semakin tinggi kadar Hb ibu semakin tinggi berat badan bayi yang dilahirkan. Sedangkan penelitian Edwi Saraswati, dkk.

HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR

() menemukan bahwa anemia pada batas 11 gr/dl bukan merupakan risiko untuk melahirkan BBLR. Hal ini mungkin karena belum berpengaruh terhadap fungsi hormon maupun fisiologis ibu.

Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir Berat badan lahir merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor melalui suatu proses .

Hubungan kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir
Rated 3/5 based on 16 review